Selasa, 01 November 2011

Cara Mengenal Bakat Di Bidang Akademis

Posted by Rhasif 09.03, under | No comments

Bakat seseorang dimiliki sejak ia dilahirkan. Bakat tersebut meliputi bakat kemampuan lainnya, seperti seni dan olah raga.
Bakat dapat menjadi kemampuan nyata jika dikembangkan dengan baik. Untuk mengembangkan bakat dengan baik diperlukan dengan baik. Untuk mengembangkan bakat dengan baik diperlukan sifat—sifat, dan minat yang dimiliki seseorang dapatberbeda antara satu orang denganorang lain. Perbedaan ini menyebabkan cita-cita yang berbeda pula.
A. Pengertian bakat
Bakat adalah kemampuan yang dibawa sejak lahir. Kemampuan itu jika diberi kesempatan untung berkembang melalui belajar, akan menjadi kecakapan yang nyata. Sementara itu, apabila tidak dikembangkan melalui belajar, kemampuan tersebut tidak akan menjadi kecakapan nyata. Bakat yang tidak dikembangkan disebutkan bakatyang terpendam.
B. Cara mengenal bakat di bidang akademis
Bakat akademis adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam bidang mata pelajaran. Seseorang dapat mengetahui bakatnya dalam bidang akademis dengan melihat nilai rapor pengalaman yang dimiliki.
Untuk melihat bakat akademis yang anda miliki, anda dapat merinci nilai rapor yang anda miliki sejak SD sampai sekarang. Dari nilai-nilai rapor tersebut anda akan melihat kecenderungan bakat akademis anda.
A. Cara mengenal bakat pada kemampuan yang lain.
Selain bakat akademis, seseorang juga memiliki bakat kemampuan yang lain, seperti kemampuan dalam bidang olah raga, kemampuan dalam bidang kesenian, dan keterampilan. Kemampuan ini dapat dilihat melalui prestasi padakegiatan tersebut.
B. Cara mengembangkan bakat
Bakat akan menjadi kecakapan yang nyata jika dikembangkan melalui belajar. Proses pengembangan bakat membutuhkan biaya, sarana dan dorongan dari orang lain.
C. Cara mengenal sifat-sifat yang menunjang pengembangan bakat
Sifat yang dimiliki seseorang akan mempengaruhi perkembangan bakat sifat seseorang dapat di ketahui melalui jenis kegiatan yang dilakukan dan hasil yang dicapai. Tiap orang memiliki sifat yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Ada orang yang cepat mendapatkan teman, ada pula yang tidak. Ada orang yang lebih senang bekerja sendiri. Ada pula orang yang senang bekerja kelompok.
Daftar pustaka
Mulyatiningsih. Rudi. 2004. Bimbingan Pribadi Sosial Belajar dan Karir. Jakarta :Grasindo

0 komentar:

Posting Komentar