Selasa, 01 November 2011

CONTOH TUGAS OBSERVASI PEMAHAMAN INDIVIDU NON TEST 1

Posted by Rhasif 09.09, under | No comments

IDENTITAS KLIEN :


Nama : Shunita Laxmi Dewi
Sekolah : SMA Negeri 1 Cepiring
Kelas : X-6
TTL : Kendal , 24 April 1994
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Anak ke : 2 dari 3 bersaudara
Alamat : Desa Dawungsari RT : 01 , RW : 01 ,Kecamatan Pegandon, Kabupaten Kendal
HASIL TEKNIK WAWANCARA

Nama : Shunita Laxmi Dewi
Alamat : Desa Dawungsari RT:01, RW:01, Kecamatan Pegandon, Kabupaten Kendal
TTL : Kendal , 24 April 1994
Jenis kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Sekolah : SMA Negeri 1 Cepiring
Kendal : X-6

Shunita merupakan anak yang pemalu, Dia sulit bergaul dengan temannya. Dia juga sering menyendiri di dalam kelas. Hubungan dengan keluarganya juga kurang baik, terutama dengan orang tuanya, karena berdasarkan observasi yang saya lakukan, Shunita sering tidak masuk sekolah dikarenakan dia sering tidak di beri uang saku oleh orang tuanya dan sering sakit-sakitan. Selain itu orang tuanya juga kurang memperhatikannya.












BIOGRAFI

Shunita lahir di Kendal pada tanggal 24 April 1994, dia anak ke dua dari tiga bersaudara, dari pasangan Bambang Ismuni dan Urifah,dia mempunyai kakak yang sudah menikah dan seorang adik yang masih SMP, dia bertempat tinggal di desa Dawungsari RT.01 RW.01, Kecamatan Pegandon, Kabupaten Kendal. Pekerjaan ayahnya adalah wiraswasta dan ibunya seorang guru di SD Negeri 2 Gondang.























HASIL OBSERVASI

Observasi dilakukan pada hari senin tanggal 3 Mei 2010, bertempat di SMA Negeri 1 Cepiring, sekitar jam 09.15 terlihat Shunita sedang istirahat tetapi dia hanya di dalam kelas dan tidak ikut teman-temannya ke kantin, karena dia tidak di beri uang saku oleh orang tuanya, sehingga dia tidak bisa membeli jajan. Karena Sunita terlihat sendiri di dalam kelas, maka sesaat kemudian ada seorang guru BK yang sedang berkeliling mengontrol tiap-tiap kelas, menghampiri Sunita. Lalu, guru BK bertanya kepada Sunita mengapa dia tidak keluar kelas saat istirahat, ternyata Sunita tidak memiliki uang saku. Lalu terlihat guru BK memberi uang saku kepada Sunita. Pada istirahat kedua, ttepatnya pukul 11.45 terlihat Sunita keluar kelas menuju kantin.




















PEMERIKSAAN FISIK DAN KESEHATAN

KEADAAN JASMANI :
Tinggi badan : 158 cm
Berat badan : 45 kg
Telinga : Normal
Mata : Normal
Gigi : Baik

KEADAAN KESEHATAN :
Seperti yang sudah observasi ternyata Shunita ternyata dia mempunyai penyakit dalam yaitu penyakit paru - paru .



















GAMBARAN KASUS

Menurut hasil observasi sebenarnya klien tergolong siswa yang pintar, buktinya dalam beberapa mapel dia mendapatkan nilai yang baik. Yang menjadi masalah dia pintar tetapi jarang masuk sekolah, menurut absensi yang saya dapatkan dalam bulan ini saja dia 7 kali tidak masuk sekolah, 4 kali sakit dan 3 kali tanpa keterangan. Dia jarang berangkat dikarenakan sakit-sakitan, disamping itu dia juga memiliki masalah dengan keluarganya. Klien sering tidak diberi uang saku oleh orang tuanya. Padahal, seperti yang kita ketahui uang saku dapat memacu semangat untuk berangkat sekolah .




















DIAGNOSIS


• SLD sering tidak masuk sekolah tanpa keterangan.
• SLD memiliki masalah dengan orang tuanya,yang kurang memperhatikannya.dia juga sering tidak di beri uang saku,saat mau berangkat sekolah.
• Orang tua kurang mensuport SLD,sehingga SLD malas untuk sekolah dan belajar






















PROGNOSIS

• Dari diri si SND, dia harus bisa merubah dirinya agar bisa lebih baik.
• Keluarga lebih memperhatikan SND,terutama orang tua.
• Pihak sekolah lebih memperketat dalam mengawasi siswa-siswanya agar tidak membolos dengan cara memberi sangsi yang tegas, agar siswa menaatinya.
• Untuk masalah SLD guru BK sebaiknya melakukan home visit untuk bertemu dengan orang tuanya agar mengetahui masalah yang sebenarnya.

0 komentar:

Posting Komentar